Memproses Serabut Kelapa Untuk Bahan Baku Tekstil

Kelapa adalah satu diantara pohon yang serbaguna, bukan sekedar buahnya saja yang dapat dikonsumsi, namun semuanya sisi dari pohon kelapa dapat digunakan termasuk juga serabut kelapa. Serabut kelapa yang umumnya cuma jadikan bahan bakar untuk pembakaran tradisionil dapat di proses jadi barang yang memiliki nilai transaksi yang mahal. Langkah memproses serabut kelapa supaya memiliki nilai akad yang luhur ini dikerjakan dgn mengolahnya jadi bahan baku tekstil. Dari serabut kelapa yang telah di proses dapat jadikan beragam bahan baku tekstil dgn nilai niaga yang mahal.

Langkah memproses serabut kelapa supaya dapat jadikan jadi bahan baku tekstil dikerjakan dgn 6 bagian, yakni :

1. Persiapan serabut kelapa

Bagian pertama yang perlu dikerjakan untuk memproses serabut kelapa yaitu menyiapkan serabut kelapa yang bakal di proses. Langkah peroleh serabut kelapa ini yaitu dgn langkah memotong serabut kelapa utuh jadi bagian-bagian lantas potong sisi ujung yang keras. Dalam persiapan ini, Awak harus juga merendam serabut kelapa di air sepanjang 3 musim atau hingga gabusnya membusuk hingga gampang untuk dipisahkan dari seratnya.

2. Pelunakan serabut kelapa

Sesudah serabut kelapa terpisah dari sisi gabusnya jadi langkah setelah itu yang perlu dikerjakan yaitu lakukan pelunakan. Sistem pelunakan ini dapat dikerjakan dengan tradisionil. Langkah tradisionil untuk melunakkan serabut kelapa ini yaitu dgn memukulnya memakai palu samai serabut terurai.

3. Pemisahan serat serabut kelapa

Bila serabut kelapa telah lunak serta telah terurai jadi langkah setelah itu yaitu memisahkan serat dari serabut kelapa. Langkah mengurai sabut kelapa untuk memisahkan seratnya dapat dikerjakan dengan manual memakai tangan. Tetapi supaya dapat acap usai, Awak dapat memakai mesin pemisah. Untuk memisahkan dengan manual, Awak dapat memakai besi bergerigi untuk percepat sistem pembelahan.

4. Pengayakan atau sortasi serabut kelapa

Setelah itu bila serat telah terpisahkan, jadi hal yang butuh dikerjakan yaitu lakukan pengayakan atau sortasi. Sortasi ini dikerjakan untuk memisahkan serat kasar serta serat halus. Awak dapat memakai mesin sortasi modern maupun tradisionil untuk lakukan pengayakan pada serabut kelapa.

5. Pembersihan serta pengeringan serabut kelapa

Sesudah diayak, jadi langkah setelah itu yaitu lakukan pembersihan serta pengeringan pada serabut kelapa. Pembersihan serabut kelapa ini dikerjakan untuk menyingkirkan sisi gabus yang masih tetap tersisa pada serabut. Setelah serabut kelapa bersih jadi serabut kelapa ini butuh dijemur untuk dikeringkan. Lama pengeringan bergantung dari kandungan air yang masih tetap ada pada serabut.

6. Pengepakan serabut kelapa

Langkah paling akhir dalam memproses serabut kelapa ini yaitu lakukan pengepakan. Awak dapat mengepak serabut kelapa yang telah kering dgn barometer boks 90 x 110 x 45 cm. Barometer pengepakan ini dapat sesuai dgn hasrat Awak.

Baca : cara minum tangkur kuda laut

Langkah memproses serabut kelapa yang bakal jadikan jadi bahan baku tekstil ini dapat dikerjakan dengan manual tanpa ada memakai mesin yang mutakhir. Pemrosesan dengan manual ini dapat dikerjakan dgn gampang. Nah, alokasi Awak yang menginginkan buka usaha namun masih tetap bingung usaha apa yang bakal digeluti, jadi dapat coba usaha pemrosesan serabut kelapa ini.

Iklan